Skip to main content

Cara Memperbaiki Flashdisk atau Memory Card yang Rusak


Halo semuanya, postingan kali ini membahas tentang cara memperbaiki flashdisk atau memory card yang rusak. Kerusakan yang sering ditemui oleh kita sebagai pengguna flashdisk atau memory card yaitu:
  1. Tidak terbaca di windows explorer
  2. Muncul perintah untuk memformat flashdisk atau memory card yang walaupun setelah diformat tidak menyelesaikan masalah

  3. Kapasitas flashdisk atau memory card yang tiba-tiba berubah secara tidak masuk akal

Saya membuat artikel ini dikarenakan beberapa waktu yang lalu, saya tertimpa musibah ketika ingin membuat ISO Kali Linux ke dalam flashdisk Sony 8gb yang sudah menggunakan USB 3.0. Tidak ada yang salah ketika menggunakan software untuk membuat ISO tersebut, hal ini dikarenakan saya telah membaca dokumentasi yang ada pada website Kali Linux. Namun, setelah proses format selesai, flashdisk tersebut malah berubah kapasitasnya menjadi 15mban (kalau tidak salah). Antara sial atau beruntung, saya menemukan solusi bahwa dengan software tersebut kita dapat memperbaiki flashdisk yang rusak dengan mudahnya.

Baiklah, langsung saja saya berikan langkah-langkah untuk memperbaiki flashdisk atau memory yang rusak:
  1. Pertama-tama, Anda harus mendownload software yang bernama Win32 Disk Imager di website Sourceforge.net dengan membuka link berikut: KLIK. Setelah Anda klik link download tersebut, maka silahkan lanjut ke proses install dan jalankan softwarenya.

  2. Pastikan Anda sudah menghubungkan perangkat keras yang rusak seperti flashdisk atau memory ke laptop/ komputer. Dengan software ini kita dapat melihat sudah/ belum nya perangkat dihubungkan seperti gambar berikut ini.


    Terlihat dari gambar diatas bahwa pada bagian Device sudah ada perangkat yang terhubung di direktori H.
  3. Tahap selanjutnya adalah mencari file ISO yang telah Anda buat dengan software pembuat ISO seperti PowerISO ataupun Nero.


    Apabila Anda sudah memiliki file ISO maka silahkan cari filenya dengan mengklik ikon folder disamping bagian Device dan tulisan H seperti yang terlihat di gambar diatas
  4. Kemudian, klik tombol Write untuk melanjutkan proses format flashdisk atau memory card yang telah rusak


    Apabila proses telah selesai 100% dan selesai, maka insyaallah flashdisk atau memory card yang rusak dapat kembali normal seperti baru.


CATATAN

  1. Jumlah size file ISO harus sesuai dengan kapasitas Flashdisk atau memory card yang Anda miliki. Misalkan, flashdisk Anda berukuran 8gb maka file ISO yang harus dibuat harus kurang dari 8gb, karena apabila pas atau lebih maka proses tidak akan berjalan atau gagal.
  2. Anda dapat membuat file yang berformat ISO atau .iso dengan berabgai macam software yang dapat Anda cari di gugel seperti Nero dan PowerISO.
  3. Apabila flashdisk atau memory card Anda tetap tidak bisa kembali normal, berarti kerusakan yang telah terjadi sangatlah parah.
Semoga dengan sedikit info ini dapat menyelesaikan masalah yang Anda alami. Terima kasih telah membaca dan berkunjung ke web ini.

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Tombol Kembali ke Halaman Sebelumnya dengan HTML dan Javascript

Pada coretan kali ini, saya akan memberikan tips sederhana tentang cara Membuat Tombol Kembali ke Halaman Sebelumnya dengan HTML dan Javascript. Bagi Anda yang membuat suatu aplikasi yang berhubungan dengan HTML dan Javascript mungkin tutorial kali ini akan bermanfaat. Bagaimana Caranya? Tanpa basa-basi panjang lebar, langsung saja copas script berikut ini dan silahkan dicoba. Berikut kodenya: Semoga bermanfaat

Cara Membuat Fungsi base_url pada Native PHP

Halo semua, kali ini saya akan memberikan tutorial tentang Cara Membuat Fungsi base_url pada Native PHP, fungsi ini dapat ditemui pada salah satu framework yang ada, yaitu Codeigniter. Fungsi base_url yang akan kita buat ini merupakan fungsi untuk mendapatkan link atau url dasar suatu project atau website. Apabila belum mengerti, maka bisa kita lihat pada contoh berikut: <?php echo $base_url; // akan menghasilkan: http://localhost/namaprojectanda atau http://www.google.com ?> Selanjutnya kita masuk ke kodingan fungsi ini, cukup salin dan simpan script berikut: Jadi, ketika Anda ingin menggunakan fungsi ini cukup panggil/ include kan pada bagian yang akan ditampilkan. Misalkan Anda sedang membuka file produk.php, kemudian Anda ingin mendapatkan base_url dari produk yang akan ditampilkan maka cukup panggil nama fungsi diatas dan gabungkan dengan script yang telah Anda buat. Saya pribadi merasakan manfaat yang sangat besar dari fungsi ini pada native php, terutam

Menampilkan Total Record Data di Tabel Database dengan Codeigniter dan MySQLi

Pada tulisan kali ini, saya ingin berbagi tentang tutorial cara Menampilkan Total Record Data di Tabel dengan Codeigniter dan MySQLi. Bagi Anda yang mengikuti tulisan saya di blog ini, mungkin pernah membaca yang versi PHP Nativenya dengan judul Cara Menampilkan Total Record dari 1 Tabel MySQL dengan PHP . Tutorial ini dibuat didasarkan pertanyaan yang diajukan teman-teman yang order tutorial saya seperti yang ada di judul  Tutorial Membuat Website Marketplace dengan Codeigniter, Bootstrap dan IonAuth . Pada tutorial itu memang sengaja tidak saya buatkan yang kalau dilihat di halaman Admin data yang ditampilkan tidak berubah. Nah di tutorial ini, saya sedikit menggunakan bagian atau coding atau template dari AdminLTE yang bisa Anda lihat contoh hasil jadinya pada foto diatas yang kotak berwarna warni. Jadi bagi Anda yang sedang menggunakan template tersebut, Anda dapat melihat hasilnya nanti secara langsung dengan catatan: Anda telah paham basic atau dasar dari Codeigniter da